Selasa, 04 November 2014

KARAKTER PEMIMPIN YANG DIBUTUHKAN BANGSA INDONESIA


Pengertian pemimpin
Pemimpin adalah seorang penguasa yang memiliki nilai yang lebih dan tinggi derajat nya dari yang lain. Pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang bisa memimpin dan bisa dipimpin oleh anggotanya, yang dimaksud dengan yang bisa memimpin adalah seorang yg bisa memimpin anggotanya dengan baik dan adil. sedangkan yang dengan yang dipimpin adalah seorang yang bisa dijadikan sebagai wadah contoh yang baik.
Ada beberapa ciri-ciri pemimpin yang baik
           1.          Pemimpin yang inovasi
Pemimpin yang inovasi adalah pemimpin yang tidak hanya punya visi, tapi juga berani melakukan perubahan dan memberikan kesempatan pada karyawan untuk melakukan percobaan sesuatu yang baru, memberikan dukungan dan Ia akan terus-menerus menciptakan peluang dan ide yang baru.Pemimpin ini adalah pemimping yang sebenarnya paling dibutuhkan Indonesia untuk mengahadapi MEA tahun 2015.
2.      Pemimpin yang jujur 
yang dimaksud dengan pemimpin yang jujur adalah pemimpin yang selalu berkata dengan sebenarnya apa yang terjadi,dan tidak pernah berkata bohong kepada anggotanya.
3.      Pemimpin yang amanah
Pemimpin yang amanah adalah pimimpin yang dapat dipercaya oleh anggotanya dan tidakpernah berdusta ,tetapi dia selalu menepati janji nya sesuai dengan apa yang dikatakan nya
4.      Pemimpin yang bijaksana
Pemimpin yang bijaksana adalah pemimpin yang tidak terlalu cepat mengambil tindakan ,dan selalu bermusyawarah untuk mengambil sebuah keputusan bersama.
5.      Pemimpin yang tegas
Pemimpin yang tegas adalah pemimpin yang sifat keras berani mengambil keputusan yang dinilainya baik,tegas memberi sanksi kepada anggota yang bersalah.
6.      Pemimpin yang bertanggung jawab
Pemimpin yang bertanggung jawab adalah pemimpin yang selalu bertanggung jawab apabila seorang pemimpin tersebut dinilai salah dan siap menerima sanksi yang telah disepakati bersama.
7.      Pemimpin yang merkayat
Pemimpin yang merakyat adalah pemimping yang berani turun ke rakyat secara langsung, agar dapat mengetahui apa yang dibutuhkan rakyat

8.      Pemimpin yang adil
Yang dimaksud dengan pemimpin yang adil adlah pemimpin yang tidak pilih kasih yang tidak ad yang membedakan antara 1 dengan yang lain.

0 komentar: