Sabtu, 12 Oktober 2013


Lima Keunggulan Galaxy Gear  


Oleh Jason Gilbert                                                                           

Samsung menyatakan jam tangan Galaxy Gear produksinya sebagai perangkat masa depan dari tahun 2025; sayangnya smartwatch pertamanya tersebut lebih layak disebut jam dari 2007.

Para pengulas mengungkapkan bahwa banyaknya kekurangan fungsi Galaxy Gear membuat jam tersebut tidak sesuai dengan perkiraan Anda mengenai “smart watch” 2013 sejati: Untuk saat ini, jam tersebut hanya bisa terhubung ke Galaxy Note 3, dan tidak bisa menghubungkannya dengan perangkat lain (menurut Samsung, ponsel lainnya segera menyusul). Jam itu tidak bisa di-charge tanpa dudukan charger plastik khusus. Jika Anda mendapatkan notifikasi pesan baru dari Gmail, atau Google Hangouts, atau Facebook, atau Twitter, atau aplikasi yang bukan aplikasi yang telah tersinkronisasi Samsung di ponsel, Anda tidak bisa melihat konten dari notifikasi tersebut di jam tangan itu; Anda harus membuka aplikasi tersebut langsung di ponsel.

Singkatnya - berdasarkan perkiraan saya, dan perkiraan teman-teman ahli lainnya - Galaxy Gear gagal menonjolkan potensinya.

Namun, percobaan pertama Samsung dalam teknologi jam tangan cukup menjanjikan. Berikut adalah tugas dan fungsi yang berhasil diwujudkan Samsung, alasan untuk menunggu kehadiran Galaxy Gear 2 selanjutnya.

Kamera pergelangan tangan
Galaxy Gear dilengkapi kamera kecil yang menghadap keluar pergelangan Anda dan memungkinkan Anda menjepret foto-foto iseng sangat cepat dengan mengarahkan lengan Anda pada objek tertentu. Hasilnya cukup mengesankan (baik kualitas fotonya maupun fakta bahwa kamera semacam itu memang ada), dan sangat layak untuk dipamerkan ke teman-teman. Menjepret foto langsung dari pergelangan tangan Anda jauh lebih cepat dibangdingkan dengan mengeluarkan ponsel Anda dan membuka aplikasi kamera; mentransfer foto dari jam ke ponsel Anda sangat mudah. Ini merupakan kelebihan Galaxy Gear yang cukup mengesankan, dan, semoga saja, merupakan keunggulan bagi masa depan smartwatch yang lebih menjanjikan.

Bisa digunakan untuk menelepon
Bila Anda sering melakukan panggilan telepon menggunakan headset atau earphone, aplikasi panggilan telepon di Galaxy Gear - papan tombol dasar yang dapat mengakses telepon Galaxy Note – membuat Anda tidak perlu repot-repot mengeluarkan ponsel dari dalam saku Anda. 

Galaxy Gear memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan dari pergelangan tangan Anda. 

Ini merupakan kelebihan Gear. Anda tidak perlu lagi memeriksa smartphone Anda untuk melakukan panggilan. 

Bisa digunakan saat sedang mengemudi
Saat mengendarai sepeda di Manhattan, jauh lebih mudah untuk berhenti di lampu merah dan melihat notifikasi di pergelangan tangan saya daripada harus mengeluarkan ponsel dari celana jeans saya, kemudian unlock dan men-swipe layar ponsel. Bagi Anda yang menetap di wilayah perkotaan dan memiliki mobil, saya yakin gadget ini akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi saat sedang mengemudi. 

Daya baterai 
Tidak seperti para pengulas lainnya, baterai Gear yang saya gunakan rata-rata bertahan selama dua hari dan cukup puas dengan daya baterai. Saya rasa yang Anda perlukan adalah kepastian baterai Gear Anda dapat bertahan seharian penuh saat Anda gunakan. Gear menggunakan baterai dengan daya yang rendah. 

Galaxy Gear tidak begitu jelek
Sepertinya Gear memang terdengar jelek, namun sebenarnya tidak terlalu jelek: Samsung melakukan hal yang mengagumkan dengan menciptakan smartwatch perdananya terlihat ramping. Gadget ini tidak terlalu gemuk (kecuali di sisi bawahnya, yang membuat pengetikan agak sulit); bagian logamnya terlihat mengilap; desain software-nya sangat modern. Singkat kata: Galaxy Gear bukan gadget yang norak, berat dan berukuran besar. Tapi ini merupakan gadget yang elegan dengan fungsi seperti komputer/kamera di pergelangan tangan Anda. 

Simpulannya, ada harapan untuk Galaxy Gear 2, seperti yang tertulis di dalam artikel kolega saya, Daniel Bean. Sekarang coba bayangkan jika saja Samsung dapat menciptakan smartwatch secanggih yang ada di dalam iklannya.






0 komentar: